BAN-PT Lakukan Asesmen Lapangan Daring Prodi PBA

January, 28 2021 17:36
BAN-PT Lakukan Asesmen Lapangan Daring Prodi PBA
Oleh Humas INSURI Po

Ponorogo (28/1) Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) lakukan asesmen lapangan daring pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab INSURI selama dua hari Rabu s.d Kamis (27/28). Asesmen dilakukan sebagaimana edaran resmi  yang diteken T. Basaruddin selaku Direktur BAN-PT. Bertindak sebagai asesor Prof. M. Husnan Lubis, M.A.,Ph.D dari Universitas Sumatera Utara dan Dr. Kastam Syamsi, M.Ed dari Universitas Negeri Yogyakarta.

Kegiatan asesmen dilakukan dua hari secara virtual melalui zoom meeting "Dua hari sebelumnya BAN-PT baru memberi Meeting ID dan Passcode", ujar Wahyu Hanafi selaku Ketua Prodi PBA INSURI. Di hari pertama Rabu (27/1), Asesor melakukukan asesmen terhadap borang fakultas selama dua jam disusul asesmen borang prodi. "Asesor banyak memberi pertanyaan dan komentar seputar sistem tata pamong, SDM, kurikulum, keuangan-sarana, dan penelitian-PKM", ungkap Dekan Fakultas Tarbiyah Jauhan Budiwan saat ditemui awak media INSURI Rabu sore hari (27/1). Lebih lanjut Hanafi mengungkap, di borang Prodi Asesor lebih banyak bertanya dan memberikan komentar pada standar 5, standar yang membahas kurikulum. Asesor memberi komentar kurikulum prodi PBA harus mampu menjawab persoalan dan kebutuhan masyarakat puluhan tahun ke depan. Selain itu prodi harus selalu konsisten untuk melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala sebagai bentuk optimalisasi penjaminan mutu pendidikan. Kemudian asesmen di hari kedua Kamis (28/1) Asesor melakukan wawancara kepada sejumlah mahasiswa PBA, alumni, dan stakeholder. Asesor Husnan Lubis mengapresiasi PBA INSURI karena sebagian alumni PBA  INSURI telah menjadi ponir di masyarakat baik di mitra lembaga formal sekolah, madrasah, instansi dan lembaga non-formal pondok pesantren, madrasah diniyah, dan PKBM. Sementara Asesor Kastam Syamsi memberikan apresiasi kepada mahasiswa karena telah memiliki jaringan internasional dengan wadah organisasi ITHLA. Namun kedua asesor tersebut juga mengevaluasi kegiatan perkuliahan di PBA INSURI harus lebih baik lagi, seluruh Dosen dan mahasiswa harus menguasai IT. "Saat ini LPIPD telah memfasilitasi perkuliahan online di INSURI dengan aplikasi Sistem Informasi Pembelajaran (SIP), namun belum berjalan maksimal" ujar Fuad Fitriawan selaku ketua LPIPD INSURI.

Seluruh civitas akademikan INSURI berharap hasil akreditasi lebih meningkat. Sebelumnya, PBA INSURI telah meraih akreditasi "B" pada tahun 2015-2019, dan selanjutnya untuk lebih baik. Acara ditutup Kamis sore hari (28/1) oleh Asesor dan dilanjutkan kata-kata penutup oleh Rektor, Dekan dan Ketua Prodi PBA.