Dosen Fakultas Tarbiyah INSURI Raih Gelar Doktor Ilmu Pendidikan

May, 15 2020 16:22
Dosen Fakultas Tarbiyah INSURI Raih Gelar Doktor Ilmu Pendidikan
Oleh Humas INSURI Po

Ponorogo (5/5) Dosen Fakultas Tarbiyah INSURI Ponorogo raih gelar Doktor bidang Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret malalui ujian promosi doktor yang berlangsung secara daring dengan Zoom Meeting di aula Pascasarjana INSURI pada Jumat (15/5).

Jauhan Budiwan, Promovendus ujian terbuka telah berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul "Pengembangan Model Pembelajaran Family Supported Collaborative Learning (FSCL) untuk Meningkatkan Nilai Karakter Siswa SMP di Ponorogo" dihadapan penguji dengan predikat "Sangat Memuaskan".

Di hadapan penguji dan promotor, promovendus yang menjabat Dekan Fakultas Tarbiyah INSURI ini menjelaskan hasil penelitiannya selama satu setangah jam. Bertindak sebagai penguji Prof. Dr. Furqon Hidayatullah, M.Pd sekaligus pakar pendidikan karakter, promotor I Prof. Dr. Munawir Yusuf, M.Psi, co Promotor II Prof. Dr. Asrowi, M.Pd. Sidang ujian promosi doktor yang digelar secara daring turut menghadirkan pakar luar di bidang pendidikan, Prof. Dr. Zainuddin, M.Pd.

Hasil penelitian dalam disertasi Jauhan menyebutkan, 1) kondisi karakter siswa SMP di Ponorogo berdasarkan katagorinya; hasil Empati 73,6%,  hati nurani 78,1%, kontrol diri 76%, rasa hormat 39,6%, kebaikan hati 80,7%, toleransi 17,8%, dan keadilan 83,5%; 2) pengembangan model pembelajaran family supported collaborative learning (FSCL) dilakukan dengan langkah-langkah” engagement, berkolaborasi dengan keluarga dengan konten Warok” (Wani, Anuladha, Rumeksa, Omber, Kulina); exploration, exsplanation, elaboration dan evaluation; 3) model telah disusun dan disempurnakan melalui uji validitas oleh beberapa validator yang ahli di bidangnya serta dinyatakan sebagai model pembelajaran yang valid. Hasil uji coba dalam skala terbatas yang diperluas menunjukkan model tersebut sangat valid untuk dijadikan salah satu model pembelajaran; 4) berdasarkan hasil uji keefektifan, model pembelajaran family supported collaborative learning (FSCL) telah terbukti efektif untuk digunakan dalam pembelajaran PAI materi akhlak dalam menanamkan nilai karaktersiswa SMP.

Jauhan merupakan Doktor ke-48 bidang Ilmu Pendidikan UNS. Usai menjalani ujian promosi doktor, kini tinggal menunggu informasi wisuda yang diselenggarakan oleh pihak UNS. Jauhan menjadi dosen di Fakultas Tarbiyah dan Pascasarjana INSURI Ponorogo. Selain itu, beliau juga aktif dalam kegiatan pengabdian masyarakat khususnya di lingkungan Krajan, Patihan Wetan, Babadan, Ponorogo. Berdasarkan pantauan tim humas INSURI, ucapan selamat atas pengukuhan doktor juga diucapkan oleh civitas akademika Akbid Harapan Mulya Ponorogo, Akafarma Sunan Giri Ponorogo, dan SMK Wahid Hasyim Ponorogo. Dengan bertambahnya satu doktor, kini menjadi enam doktor yang dimiliki INSURI.***

PENERIMAAN MAHASISWA BARU