Dosen INSURI Berangkat Studi Ph.D di Belanda

March, 07 2020 18:45
Dosen INSURI Berangkat Studi Ph.D di Belanda
Oleh Humas Insuri Po.

Ponorogo (7/3). Dosen Fakultas Dakwah INSURI Ponorogo Dawam M. Rohmatulloh resmi berangkat ke Belanda pada Rabu (4/3) untuk memulai program Ph.D di Utrecht University, Netherlands. Ia masuk di Department of Cultural Anthropology sebagai konsentrasi yang harus ditempuh sekurangnya dalam tiga tahun mendatang.

Pengelola beberapa jurnal di Omah Jurnal Sunan Giri (OJSG) ini mendapatkan kesempatan studi Ph.D di Utrecht University dengan beasiswa dari Program 5000 Doktor Kemenag RI tahun anggaran 2018. Sebagai penerima beasiswa tersebut, ia telah mengikuti program pelatihan bahasa Inggris dengan orientasi IELTS di PPB UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada Juli-Desember 2018. Selanjutnya, iapun berkomunikasi secara intensif dengan calon supervisor dan pegawai administrasi di kampus tujuan hingga akhirnya mendapat Letter of Acceptance (LoA) dan Hospitality Agreement sebagai tanda diterimanya untuk menjadi peneliti Ph.D eksternal di Belanda.

"Tahapannya cukup panjang, mulai dari LoA, Agreement, sampai pada pengajuan Visa MVV di Imigrasi Belanda yang diurus oleh kantor layanan internasional universitas, dan mengambil stikernya untuk ditempel di paspor melalui Kedubes Belanda di Jakarta," ujar Dawam ketika diwawancarai menjelang keberangkatan di Bandara Adi Soemarmo (4/3).

Ia juga menambahkan, "ada juga proses legalisir akta kelahiran yang harus berbahasa Inggris di Kemenkumham, Kemenlu, dan Kedubes Belanda. Serta yang paling penting tentu saja mengurus administrasi beasiswa di Kemenag seperti surat tugas belajar, surat perjalanan dari kemensetneg, kontrak beasiswa, hingga pernyataan jaminan finansial."

Setelah beberapa tahapan tersebut, pada bulan Maret 2020, pria yang menjadi tenaga pengajar di INSURI sejak 2016 ini akhirnya berangkat. Dari Bandara Adi Soemarmo di Solo, ia menaiki pesawat Garuda Indonesia menuju Bandara Soekarno Hatta di Jakarta, untuk kemudian menggunakan maskapai yang sama dalam penerbangan langsung ke Bandara Schiphol di Amsterdam, Belanda.

"Terima kasih atas bantuan semua pihak, khususnya Kemenag dan kampus INSURI yang telah memungkinkan saya untuk mendapat kesempatan ini. Ke depannya, saya tetap memohon doa restu dan dukungannya agar dapat menjalankan tugas belajar ini dengan baik," pungkasnya.

PENERIMAAN MAHASISWA BARU