Editor in Chief Jurnal Scaffolding Fak. Tarbiyah INSURI Ikuti Lokakarya Literasi Jurnal 2019

June, 19 2019 16:55
Editor in Chief Jurnal Scaffolding Fak. Tarbiyah INSURI Ikuti Lokakarya Literasi Jurnal 2019
Oleh Humas INSURI Po

Selasa (18/6) Ketua redaksi Jurnal Scaffolding Fakultas Tarbiyah INSURI Ponorogo Wahyu Hanafi, M.Pd.I menghadiri undangan dari Relawan Jurnal Indonesia (RJI) di IAIN Surakarta dalam gelar Lokakarya Literasi Jurnal 2019.

Acara yang digelar di lantai III Gedung Rektorat IAIN Surakarta ini dimulai pukul 09.00 WIB dan dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor bidang Akademik IAIN Surakarta. Setalah pembukaan, acara dilanjut dengan sambutan dari Andri Putra Kesmawan selaku Koordinator Pusat RJI. Kegiatan ini dinarasumberi oleh Dr. Toto Suharto, M.Ag dengan tema Academic Writting for International Publication. Menurutnya, sebagai dosen harus mampu publikasi karya ilmiah di tingkat internasional sebagai bentuk tanggung jawab akademik dan perkembangan dunia keilmuan secara global. Ia juga menjelaskan sistemasi publikasi karya ilmiah di tingkat internasional mulai dari pemilihan tema, kompleksitas masalah, data, grand theory, dan sistem penulisan.

Sementara itu narasumber kedua adalah Heri Nurdianto, S.Kom.,M.T.I dengan tema Strategi dan Persiapan Indeksasi serta Akreditasi Jurnal Nasional. Pria muda yang sekaligus menjadi dosen di salah satu Perguruan Tinggi di Jawa Barat tersebut menjelaskan pentingnya penataan sistem layanan Open Journal System (OJS) yang kian hari mengalami perkembangan di dunia akademik. Sebagai salah satu wadah laporan penelitian, OJS harus dikelola sedemikian rupa dengan rambu-rambu akreditasi nasional. Jika pengelolaan jurnal sudah baik dan bisa masuk level akreditasi sinta II, maka akan lebih mudah mencari penulis. Ia juga menambahkan tentang langkah-langkah indeksasi dan persiapan akreditasi jurnal secara rinci.***

PENERIMAAN MAHASISWA BARU