INSURI Ponorogo Gelar Seleksi Baca Kitab Kuning untuk Penerima Beasiswa S2 Pemprov Jatim

July, 28 2019 10:44
INSURI Ponorogo Gelar Seleksi Baca Kitab Kuning untuk Penerima Beasiswa S2 Pemprov Jatim
Oleh Humas INSURI PNG

Ponorogo (29/7) Ujian Baca Kitab Kuning untuk calon mahasiswa penerima beasiswa program peningkatan kualifikasi pendidikan S2 bagi guru Madrasah Diniyah Pondok Pesantren kerjasama Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan Pascasarjana Institut Agama Islam Sunan Giri (INSURI Ponorogo) dilaksanakan hari Sabtu, 27 Juli 2019. Kegiatan pembukaan tes dilaksanakan di ruang ASWAJA INSURI Ponorogo.

“Pemprov pada tahun ini mengembangkan beasiswa dari program S1 ke S2 dikhususkan untuk MADIN dan Pesantren di era Gubernur Khofifah Indar Parawansa” tegas Dr Yunus Abu Bakar dari Lembaga Pengembangan Pendidikan Diniyah (LPPD) Provinsi  Jawa Timur.

“Materi inti dari  ujian ini adalah mengukur dan menyeleksi kemampuan calon mahasiswa bidang khususnya dalam membaca kitab kuning terutama kitab Fathul Mu’in, penguasaan kaidah Nahwu dan Sharf, ungkap Gus Lukman Harits Dimyati, Katib Syuriah PB NU yang sekaligus menjadi penguji dalam kegiatan seleksi tersebut.

"Fahthul Muin ini kitab yang masyhur, menjadi kurikulum wajib dalam pendidikan pesantren. Pemprov Jawa Timur membuat terobosan dalam program beasiswa ini, bayangkan Beasiswa Strata 2 tesnya kitab kuning. Ini barakahnya para wali, kita ketahui Jawa Timur punya 4 wali (Sunan Ampel, Sunan Drajat, Sunan Bonang, Sunan Giri). Kita bersyukur Pemerintah Provinsi jawa Timur punya terobosan untuk terus memberikan kontribusi terhadap pengembangan pesantren. Termasuk juga bagi pemerintah Kabupaten. yang memiliki program-program penting terkait dengan pengembangan keagamaan, termasuk Pemerintah kabupaten Ponorogo yang memberikan penghargaan terhadap Imam Masjid dan Mushala serta para Huffadz, tegas Gus Lukman, yang saat ini juga menjabat sebagai Sekjen Persatuan Pesantren Muadalah Indonesia.

Peserta ujian berjumlah 29 orang dari sejumlah pesantren di Ponorogo, Madiun, Magetan, Ngawi dan Pacitan. Hadir pula pemantau dari LPPD Jawa Timur Dr. Yunus Abu Bakar. M.Ag. Sedangkan tim internal Pascasarjana INSURI Ponorogo adalah Dr.  H. Marwan Shalahuddin, M.Ag, Dr. H. M. Suyudi, M.Ag, Dr. Murdianto, M.Si. Tampak pula Ketua FKDT (Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah) Ponorogo yang sekaligus Dosen INSURI K. Ahmad Syafii, M.S.I.  Ujian di mulai pada pukul 10.00 WIB dan akan langsung diumumkan pada akhir tes, yang lolos seleksi dan berhak menerima beasiswa dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.***

PENERIMAAN MAHASISWA BARU