Ketua LPM INSURI Ikuti BIMTEK Instrumen APT 9 Kriteria

July, 24 2019 09:18
Ketua LPM INSURI Ikuti BIMTEK Instrumen APT 9 Kriteria
Oleh Humas INSURI Po

Ponorogo (24/7) Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) INSURI Suad Fikriawan, M.A bersama Forum PTKIS Kopertais Wilayah IV Surabaya mengikuti BIMTEK Pendampingan Instrumen APT 9 Kriteria. Kegiatan ini berlangsung di IAI Tribakti, Lirboyo, Kediri pada hari Senin, 22 Juli 2019. Kegiatan dipandu oleh Tim IT Kopertais IV Surabaya dan Dr. Asy'aril Muhajir, M.Ag. Kegiatan diawali dengan sambutan dari perwakilan Kopertais Wilayah IV Surabaya, dan dilanjut sambutan oleh Rektor IAI Tribakti Lirboyo Kediri KH. Abdullah Kafa Bihi Mahrus.

Saat ini, instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi (IAPT) menggunakan 9 standar yang meliputi Visi, Misi, Tujuan dan Strategi, Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama, Mahasiswa, Sumber Daya Manusia, Keuangan, Sarana dan Prasarana, Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Luaran dan Capaian Tridharma. Penilaian Perguruan Tinggi tidak lagi hanya berdasarkan kuantitas tetapi berdasarkan outcome. Tidak cukup lagi dengan jumlah mahasiswa yang diluluskan atau penelitian dosen yang sudah terindeks scopus. Tetapi, apa yang bisa dilakukan lulusan dan seberapa jauh pengaruh penelitian tersebut bagi masyarakat. Hakikatnya adalah kontribusi bagi masyarakat.

Dari kegiatan bimtek tersebut didapat beberapa hal penting; Pertama peserta mampu memahami instrumen generik APT 4.0 secara prosedural. Kedua, peserta didampingi untuk menyusun langsung dokumen LKPT dan LED. Ketiga, peserta diberikan penjelasan tentang bagaimana memahami panduan menyusun evaluasi diri mulai dari visi misi sampai evaluasi dan pengembangan Perguruan Tinggi. Keempat, peserta diberikan pemahaman bagaimana melakukan sinkronisasi data LKPT dengan laporan evaluasi diri yang berbasis pada pengembangan Perguruan Tinggi.Kelima, peserta diberikan kesempatan untuk mempresentasikan (sharing session) hasil penyusunan LKPT dan LED. Keenam, dalam acara ini juga dilakukan MoU antara Forum Limpinan PT di bawah Kopertas IV dengan 16 Perguruan Tinggi di JATIM.***

PENERIMAAN MAHASISWA BARU