LP2M Briefing DPL Sebelum Pelaksanaan KPM 2020

July, 20 2020 16:56
LP2M Briefing DPL Sebelum Pelaksanaan KPM 2020
Oleh Humas INSURI Po

Pada hari Sabtu (18/7) dilakukan Focus Group Discussion (FGD) Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) tahun 2020 di ruang Aswaja yang berlangsung mulai pukul 09.00-12.00 WIB. Kegiatan FGD dibuka oleh ketua LP2M Ahmad Syafi'i SJ, M.S.I, dan dilanjut pembekalan materi oleh Rektor Dr. H. Marwan Salahuddin, M.Ag dan perwakilan LP2M Arik Dwijayanto, M.A. Untuk tahun 2020, kegiatan KPM di INSURI dilakukan dengan sistem daring. Hal ini mengacu Surat Edaran Dirjen Pendis Kemenag RI Nomor 3394, tanggal 22 Juni 2020 tentang regulasi Kuliah Pengabdian Masyarakat pada PTKI di musim Covid-19. KPM INSURI Ponorogo mengambil tema "Membangun Kesiapan Masyarakat dalam Menyambut Era Normal". Kegiatan pengabdian dibagi dengan tiga kluster; KPM-MB (Moderasi Beragama), KPM-DR (Dari Rumah), dan KPM-KS (Kerja Sosial).

Ahmad Syafii, dalam sambutannya menyampaikan betapa pentingnya moderasi beragama dalam musim pandemi. Moderasi beragama dapat diimplementasikan ke dalam sektor pendidikan, sosial, dan kesehatan. Sementara itu, Rektor menyampaikan, kegiatan PKM harus memiliki misi yang jelas, hasil yang riel, dan pelaporan yang sistematis. Mahasiswa dituntut proaktif dalam kegiatan PKM, menjadi fasilitator perubahan masyarakat, imbuhnya.

Kegiatan KPM 2020 dijadwalkan pada awal Agustus hingga akhir Agustus, demikian menurut kalender akademik INSURI. Setelah DPL mengikuti pembekalan oleh LP2M selanjutnya mahasiswa mengkuti pembekalan KPM bersama DPL masing-masing sesuai waktu yang disepakati. Mahasiswa menyerahkan mini proposal pengabdian yang akan ditargetkan untuk PKM selama satu bulan sebelum awal Agustus. Pada awal Agustus hingga akhir Agustus mahasiswa melaksanakan KPM sesuai kluster yang dipilih dan dimonitoring oleh DPL. Hal demikian yang disampaikan oleh Arik Dwijayanto selaku pemateri pembekalan.***

PENERIMAAN MAHASISWA BARU