Perkuat Demokrasi Kampus, SEMA INSURI Ponorogo Gelar Kongres Mahasiswa

August, 31 2019 10:11
Perkuat Demokrasi Kampus, SEMA INSURI Ponorogo Gelar Kongres Mahasiswa
Oleh Humas DEMA INSURI

Ponorogo (30/8) Kongres Mahasiswa INSURI merupakan forum permusyawaratan tertinggi di tingkat Organisasi Kemahasiswaan (ORMAWA) di Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo. Acara tersebut diselenggarakan pada hari Rabu 28-29 Agustus 2019. Kongres Mahasiswa INSURI Ponorogo  dilaksanakan oleh Senat Mahasiswa Institut (SEMA-I) yang membentuk panitia khusus untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut. Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang ASWAJA kampus INSURI PONOROGO, dihadiri oleh delegasi dari pengurus ORMAWA yang terdiri dari Dewan Eksekutif Mahasiswa Institut (DEMA-I), Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (DEMA-F TARBIYAH, DEMA-F SYARIAH, DEMA-F DAKWAH), Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS PAI, HMPS PBA, HMPS PGMI, HMPS PIAUD, HMPS HES, HMPS KPI, HMPS PMI), Unit Kegiatan Mahasiswa, (UKM Pramuka, UKM Seiba, UKM Al-ikhrom, UKM Pers, UKM Olahraga), dan juga delegasi dari seluruh KOSMA.

Kongres Mahasiswa INSURI Ponorogo dibuka langsung oleh Rektor, Dr. H. Marwan Shalahuddin dan kemudian dilanjutkan dengan sesi persidangan. Sidang-sidang tersebut terbagi menjadi IV (Empat) sidang Pleno. Sidang Pleno I membahas dan menetapkan tentang manual acara, tata tertib persidangan dan memililih presidium sidang. Sidang Pleno II membahas dan menilai Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) DEMA-I INSURI Ponorogo  masa bakti 2018/2019, dan dilanjutkan dengan komisi. Komisi tersebut dibagi menjadi 4 komisi. Komisi A yang membahas tentang Anggaran Dasar (AD), komisi B membahas tentang Anggaran Rumah Tangga (ART), Komisi C yang membahas tentang GBPKO dan Komisi D membahas tentang rekomendasi Internal dan Eksternal. sedangkan Sidang Pleno III membahasa tentang hasil Komisi.  Kemudian dilanjutkan dengan prosesi Demosioner Pengurus DEMA-I INSURI Ponorogo masa khidmat sebelumnya oleh Rektor INSURI Ponorogo. Sidang terakhir adalah sidang Pleno ke V membahas tentang tata tertib calon Ketua SEMA-I dan DEMA-I periode 2019/2020.

Secara umum sidang berjalan dengan lancar, meskipun dalam persidangan sempat terjadi adu argumentasi yang cukup 'panas' dari masing-masing peserta persidangan. Kendati demikian hal tersebut dapat ditengahi oleh presidium sidang sehingga mempertemukan antara berbagai sudut pandang yang berbeda. Sidang tersebut juga menghasilkan rekomendasi-rekomendasi guna sebagai haluan dan pedoman Organisasi Kemahasiswaan (ORMAWA) dalam menjalankan roda kepengurusan satu tahun yang akan datang. Terakhir acara tersebut ditutup oleh ketua Senat Mahasiswa Institut (SEMA-I) INSURI  Ponorogo Rizky Syahputra dan diakhiri dengan ketukan palu sidang.

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU