Segenap Mahasiswa Semester VII INSURI Ikuti Pembekalan KPM 2019

July, 10 2019 09:47
Segenap Mahasiswa Semester VII INSURI Ikuti Pembekalan KPM 2019
Oleh Humas INSURI Po

Ponorogo (9/7) Segenap mahasiswa semester VII INSURI mengikuti pembekalan Kuliah pengabdian Masyarakat (KPM) untuk periode 2019. Kegiatan ini diagendakan dua hari, Rabu s.d Kamis (8-9 Juli 2019). Tidak kurang dari 150 mahasiswa tampak memenuhi ruangan. Kegiatan berlangsung sekitar pukul 13.00 hingga sore hari. Awalnya, kegiatan dibuka oleh wakil ketua panitia KPM Dawam Multazamy, M.Hum dan dilanjut dengan sambutan Rektor Dr. H. Marwan Salahuddin, M.Ag.

Di hari pertama, materi pembekalan dengan tema “Agama dan Perubahan Sosial”. Materi ini disampaikan oleh Jauhan Budiwan, M.Ag. Sosok yang menjabat Dekan Fakultas Tarbiyah INSURI tersebut menyampaikan mengenai urgensi agama untuk merespons perubahan pranata sosial. Secara filosofis, agama bukan hanya bermakna normatif. Agama adalah lokomotif pembuka perubahan sosial dari berbagai aspeknya.

Sementara itu materi kedua dengan tema “Teknik PRA; Participatory Rural Appraisal” yang disampaikan oleh Agus Setyawan, M.S.I selaku Koordinator Desa (Koordes) dari unsur panitia KPM 2019 yang sekaligus menjabat Dekan Fakultas Dakwah INSURI. Agus menyampaikan teknik PRA secara demonstratif. PRA adalah teknik yang memungkinkan masyarakat untuk turut serta dalam membuat tindakan nyata rencana, pengawasan, dan evaluasi kebijakan yang berpengaruh pada kehidupannya.

Kemudian, materi “Peta Demografi Kecamatan Badegan” disampaikan oleh Camat Badegan yang diwakili Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan salah seorang Pendamping Desa.***

PENERIMAAN MAHASISWA BARU