Tim Redaksi Jurnal Muharrik Gelar Webinar Dakwah Digital dan Keberagamaan Milenial

July, 30 2020 04:01
Tim Redaksi Jurnal Muharrik Gelar Webinar Dakwah Digital dan Keberagamaan Milenial
Oleh Humas INSURI

Senin (27/7) Pengelola Jurnal Muharrik Fakultas Dakwah INSURI Ponorogo menyelenggarakan webinar perdana yang mengusung tema "Dinamika Dakwah Digital dan Keberagamaan Milenial" dengan 268 partisipan berdasarkan form registrasi yang telah diisi. Webinar yang dipandu langsung oleh Editor in Chief Jurnal Muharrik, Arik Dwijayanto, M.A menghadirkan tiga narasumber milenial; Gus Nasrul (M.Nasrul Haqqi, M.Hum - Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi UNISNU Jepara, Kandidat Doktor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), Bang Surya (Surya Adi Sahfutra, M.Hum - Dosen Fak.Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara) dan Cak Hijroh (Febri Hijroh Mukhlis, M.Hum - Dosen Fak.Ushuluddin dan Dakwah IAIN Kediri).

Gus Nasrul, yang juga merupakan Wakil Ketua LDNU Jepara memaparkan perkembangan dakwah digital dan kontribusi kaum milenial dalam membuat konten-konten dakwah kreatif yang renyah dan segar seperti youtuber gita savitri. Di sisi lain gerakan dakwah digital kaum santri seperti Gus Miftah & Gus Baha juga mulai mendapat tempat di kalangan milenial. Sedangkan Narazoomer kedua, Surya Adi Sahfutra yang akrab disapa Bang Surya menjelaskan tren akses informasi keagamaan milenial dipengaruhi budaya populer sehingga identitas keagamaan mereka dibentuk melalui sosial media.

Narazoomer ketiga Febri Hijroh Mukhlis atau dikenal dengan nama Cak Hijroh memberikan pandangan bahwa generasi milenial memiliki jejaring dan pergaulan yang lebih luas di sosial media sehingga mereka terbuka dengan segala ragam informasi namun disisi lain pada saat yang bersamaan terjadi krisis nalar kritis generasi milenial. Maka menurut Cak Hijroh perlu adanya panduan naratif sederhana bagi generasi milenial dalam menyikapi dakwah virtual yang semakin masif di jagad  media sosial.

Webinar  Nasional Jurnal Muharrik yang berlangsung mulai pukul 14.00 WIB sampai dengan 16.30 WIB melalui platform Zoom Meeting diapresiasi oleh Dekan Fakultas Dakwah INSURI Ponorogo, Agus Setyawan M.S.I yg juga sebagai keynote speaker berharap kedepan kegiatan Webinar Jurnal Muharrik menjadi program bulanan dengan mengangkat tema aktual terkait kajian dakwah multidisipliner.

PENERIMAAN MAHASISWA BARU